Jumat, 15 Mei 2015

Hakikat Organisasi

           Organisasi merupakan sekumpulan orang yang terstruktur yang saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan. Terstruktur dan memiliki tujuan, merupakan karakter utama yang membedakan organisasi dengan kumpulan-kumpulan orang yang lain. orang-orang yang berkumpul di pos ronda yang membicarakan banyak topik bukanlah suatu organisasi karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Mahasiswa yang berkumpul untuk menyelesaikan tugas kelompok bukanlah organisasi karena tidak memiliki struktur yang jelas.

           Karena aspek tujuan dari organisasi begitu penting, maka pentinglah bagi seseorang dalam organisasi mengetahui visi dan misi dari organisasi tersebut. Organisasi sangat bisa dianalogikan layaknya kereta api. Kereta api tentu tidak bisa bergerak bebas tanpa arah dan jalan yang jelas. Di dalam kehidupan mahasiswa, penting bagi kita mengetahui visi dan misi dari organisasi yang kita ikuti.

        Struktur dalam suatu organisasi sangat penting agar tujuan bisa tercapai secara efektif, efisien, dan sistematis. Hal ini sangat erat dengan teori dari ahli terkemuka Adam Smith yang menyatakan bahwa spesialisasi kerja akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi hasil. Pembagian kerja atau pembagian peran akan memudahkan pekerjaan. Di dalam kampus, tentu kita mengenal adanya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) dalam satu kelembagaan seperti KEMA (Keluarga Mahasiswa). BPM dan BEM merupakan unsur-unsur yang bekerjasama tetapi memiliki peran dan tugas yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama yaitu kesejahteraan mahasiswa.

            Terdapat berbagai manfaat mahasiswa mengikuti organisasi, diantaranya adalah:
            1. Dapat men-upgrade skill seperti komunikasi, kepemimpinan, dll.
            2. Tempat menyampaikan aspirasi atau mengubah sistem yang paling efektif.
            3. Tempat mencapai tujuan yang besar.
            4. menjadi nilai tambah dalam mencari pekerjaan pasca kuliah.


       Dalam mencapai tujuan, opini publik mahasiswa terhadap kinerja organisasi mahasiswa sangat penting dalam  kehidupan berorganisasi. Hal ini dikarenakan mahasiswa merupakan objek dari tujuan organisasi mahasiswa. Image kinerja yang buruk akan dapat menimbulkan masalah yang besar dalam organisasi. Untuk mencegah hal tersebut bisa terjadi, dibutuhkan komunikasi yang bagus dari pihak organisasi kepada mahasiswa. Komunikasi yang baik akan meningkatkan kebersamaan dan mengurangi imagical gap antara mahasiswa dengan lembaga tertentu. Selain komunikasi, perencanaan dan pelaksanaan progam kerja yang inovatif dan tepat juga akan membentuk opini masyarakat yang baik.



#SOLVIII

0 komentar:

Posting Komentar